• Ahlan Wa Sahlan !

    Cat Dinding Rumah



    Untuk pembaharuan suasana rumah, tak jarang kita lakukan dengan cara mengecat dinding rumah. Kalau anda berniat melakukannya, maka perhatikan hal-hal berikut saat anda akan membeli cat:

    1.Pilihan cat dinding untuk eksterior atau interior.

    Sesuai klas nya, maka cat dinding terbagi dua yaitu untuk eksterior atau interior. Berdasarkan bahan utamanya, cat dinding juga terbagi dua lagi yaitu cat lateks dengan air sebagai pelarutnya dan cat minyak dengan bahan kimia sebagai pelarutnya. Hal ini dapat anda tanyakan langsung pada sales, anda membutuhkan cat interior atau eksterior.

    Cat interior biasanya, akan menghasilkan lapisan cat dan warna yang halus, mudah dibersihkan, tidak mudah berjamur dan dapat meng-cover terjadinya retak rambut pada tembok..

    Sedangkan cat eksterior, utamanya berfungsi melindungi dinding dari cuaca baik itu dari terpaan sinar matahari, hujan dan perubahan temperatur yang sering membuat dinding luar cepat mengalami kerusakan. 

    2.Ingat nomor cat.

    Penomoran cat berdasarkan warna akan berbeda untuk tiap merek karena hasil warna untuk tiap merek juga berbeda meskipun untuk type warna yang sama, misal warna grey merek A akan beda dengan warna grey merek B. Jadi, jangan sampai anda kelupaan dengan nomor cat, sehingga apabila terjadi kekurangan cat maka anda dapat membeli dengan warna yang sama.

    3.Perhatikan daya sebar cat.

    Petunjuk daya sebar cat sangat penting dalam mengkalkulasikan jumlah cat yang diperlukan. Setiap produk memiliki daya sebar yang berbada satu dengan lainnya. 

    Contoh Perhitungan Kebutuhan Cat pada satuan liter:

    Rumus :
    Kebutuhan Cat = Luas Dinding / daya sebar per 1 liter
    Dimana standard pemakaian cat (daya sebar) adalah 10 sampai 12 m2/liter untuk tiap pelapisan.

    Misalnya ruangan dengan ukuran 5m x 4m. dengan tinggi dinding 3m artinya, ada 2 sisi dinding berukuran 5m dan ada 2 sisi dinding berukuran 4m. Maka kebutuhan Cat adalah
    = (2 x (5m + 4m)) x 3m / (12 m2/liter)
    = 18 m x 3m / (12 m2/liter)
    = 54 m2 / (12 m2/liter)
    = 4.5 liter

    Artinya kebutuhan Cat dengan luas ruangan 5m x 4m untuk 1x pelapisan butuh 4 liter dan untuk 2x pelapisan butuh 10 liter. 

    Contoh Perhitungan Kebutuhan Cat pada kg:

    Bila anda membeli cat dalam satuan kg, rumus diatas dikalikan koeffisien 1.4. Jadi, untuk 1 x pelapisan butuh 5 liter x 1.4 = 7 kg dan untuk 2 x pelapisan butuh 10 liter x 1.4 = 14 kg.

    Sumber : Juragan Pribumi Blog

    0 komentar:

    Posting Komentar

     

    Histat Counter

    Alexa Rank

    Total Tayangan

    DMCA

    Feedjit Traffic Feed

    Get This WidgetGet This Widget